Provoking Thoughts

Plato menceritakan soal gurunya yang menggunakan pendekatan tidak nyaman dalam mengajarkan pemikirannya. Cara tersebut dalam ilmu filsafat barat dikenal sebagai socrates method, yang nantinya bakal berkembang menjadi proses dialektika yang banyak kita kenal sekarang.
Pada umumnya metode ini selalu diawali oleh suatu pemikiran, dari situ socrates akan bertanya terus menerus dengan hingga melemahkan pondasi dari pemikiran itu. Dari situlah berbagai bentuk kontradiksi dari pemikiran dan proses penalarannya dieliminasi satu persatu.
Dalam sejarahnya socrates suka menantang berbagai pemikiran yang sudah dipercayai keniscayaan nya oleh masyarakaat pada jamannya, mengajak dialog siapa saja dan di mana saja. Berusaha menyadarkan masyarakat pada jamannya bahwa yang ada disekitarnya bukanlah kebenaran mutlak, ada tugas manusia untuk menera kebenaran dengan logika.
Dewasa ini masih banyak topik-topik sensitif yang juga menarik dan harus kita pikirkan bersama, bukan untuk memberpihakkan kebenaran. Socrates method berguna bagi kita untuk menyikapi keadaan sekarang dengan logika yang jernih dan kritis kesegala arah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s