Apa kamu merasakan luka di hari ini?

Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang merayakan 17 Agustus dengan penuh suka cita, masyarakat jepang memaknainya dengan kenangan kelam yang menyedihkan. Pada bulan Agustus 1945 beberapa hari sebelum proklamasi dibacakan, dua kota besar Jepang luluh lantak oleh serangan mengejutkan Amerika. Saat itu pulalah perang dunia kedua telah usai untuk Jepang.
Hari ini setelah 70 tahun selesainya perang dunia kedua, majalah Nikkei mengangkat tajuk yang kurang lebih mengatakan “Setelah 70 tahun, Asia masih berusaha bangkit dari kehancuran”. Sangat menarik bila mengamati traumatik akan perang justru tidak dirasakan oleh bangsa kita, dan perang 70 tahun lalu nampaknya tidak menyisakan sedikitpun mentalitas perjuangan ataupun luka yang harus disembuhkan.
Pemenang memang sering lupa diri, dan yang kalah akan selalu bangkit untuk menang kembali. Bangsa kita adalah salah satu pemenang perang dunia kedua, namun mentalitas pemenang itu telah hilang ditelan hiruk pikuk pembangunan tanpa arah dan harga diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s