Cinta tapi beda

Soundtrack film ini sudah menjadi lagu favorit saya sejak setahun yang lalu, namun filmnya saya tunda untuk menontonnya hingga sekarang. Kisahnya cukup menarik walaupun bisa dianggap klise juga, sepasang kekasih yang beda agama sehingga sulit untuk bersatu walaupun akhirnya tetap bersama.

Diluar cerita utama yang disajikan film ini juga memiliki unsur menarik dalam profil kedua tokoh utamanya maupun tokoh yang lain. Profil mereka dibuat sedemikian rupa sehingga unsur keberagaman namun harmoni dapat ditonjolkan. Sebagai contoh Nadia (tokoh utama wanita) berasal dari keluarga Katolik Minahasa yang tinggal Padang yang merupakan lingkungan muslim yang toleran, bahkan Paman dan Tantenya adalah pasangan beda agama.

Menurut saya film ini cukup berani dalam membangun maupun mengakhiri cerita, karena jelas isu ini cukup sensitif untuk masyarakat kita. Pesan moral yang sangat baik berhasil dibangun lewat kehadiran tokoh-tokoh yang mewakili keberagaman Indonesia, namun bersatunya Cahyo dan Diana di akhir cerita merupakan langkah yang sangat berani.

Cinta Beda Agama ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s