The Wonderful Wizard of Oz

Setelah bertanya ke beberapa teman saya terkaget karena beberapa dari mereka belum pernah membaca buku Wonderful World of Oz, bahkan ada yang tidak pernah mendengar tentang Oz. Bagaimana ya, menurut saya masa kecilmu kurang membahagiakan kalau kamu belum pernah membayangkan tentang Dunia Oz. Sebuah dunia yang dipenuhi makhluk-makhluk kecil yang imut dan baik hati, hutan yang menyeramkan, penyihir baik dan jahat, dan kisah-kisah petualangan seru lainnya.

Sebenarnya kisah buku pertama dari rangkaian petualangan di Oz ini cukup sederhana dan memiliki twist yang mengejutkan di akhirnya. Saya tidak akan menceritakan cerita luar biasa ini karena anda dapat membaca atau menonton filmnya sendiri. Namun saya akan mengajak Anda mendapatkan pelajaran dari 4 tokoh utama kita Scarecrow, TinMan, Lion dan Dorothy, masing-masing memiliki kekurangan yang akhirnya dapat mereka kalahkan. Uniknya kekurangan itu dikalahkan tanpa mengubah diri mereka secara fisik, tidak seperti yang mereka bayangkan sebelumnya.

Scarecrow atau Orang-orangan sawah merasa dirinya amat sangat bodoh, dia sangat ingin memiliki otak. Pada Akhirnya scarecrow menjadi pemimpin yang pandai dan bijak walau dia tidak mendapatkan otak. TinMan adalah seorang manusia yang tubuhnya berasal dari logam, dia sangat ingin mencintai dan menikmati dunia dengan emosi dan cinta karena itulah dia ingin memiliki hati. Akhirnya TinMan mendapatkan emosi dan rasa cinta tanpa mendapatkan hati yang sebenarnya. Sedangkan Lion yang merasa dirinya penakut akhirnya tidak memerlukan satu apapun untuk mengalahkan monster dan akhirnya menjadi seorang raja hutan. Sedangkan Dorothy, seorang gadis kecil yang seumur hidupnya tidak pernah meninggalkan peternakan pamannya di kansas akhirnya dapat menjalani petualangan yang hebat luar biasa.

Apa yang menjadikan tokoh utama kita menjadi yang mereka harapkan? Karena sebenarnya bukan apa yang tidak dipunyai yang menjadi penentu kekuatan kita, tetapi hal yang dimiliki lah yang terkadang dilupakan padahal ini adalah modal utama kita. Keempatnya percaya bahwa mereka telah memiliki yang mereka butuhkan.

Pink dan Oz

Baru dua hari lalu saya selesai membaca Buku ini dalam versi bahasa inggris, beberapa bulan yang lalu Pink mengingatkan saya pada Dorothy. Siapa yang tidak kagum dengan penampilan Pink pada Oscar tahun ini, dia menyanyikan Somewhere Over The Rainbow dengan sangat epic. Saya sempat tersentuh dan teringat orang tua, rumah, mimpi-mimpi masa kecil, petualangan-petualangan yang pernah saya lewati dan hal-hal lain yang tidak dapat dijelaskan.

Sejak oscar tahun ini dibuka saya menyesal tidak membaca buku ini lebih awal, tetapi hari ini saya lega dapat berbagi dengan Anda.

 

2 thoughts on “The Wonderful Wizard of Oz

Leave a Reply

