SD INPRES di pinggir desa

SD Lepas tahun sembilan puluhan adalah masa kecil saya. Di desaku terdapat banyak sekolah dasar, 5 kurasa bila tidak salah hitung dan ingat. Selain Madrasah Ibtidaiyah tempatku belajar dan SD Negeri desa, semua sekolah lain adalah misteri. Misteri karena aku tidak memiliki pengetahuan akan sekolah sekolah itu. Coba aku ingat-ingat lagi, satu sekolah berada dipinggir tanah kubur, satu sekolah cukup jauh dari tempat tinggalku dan yang terakhir baru aku sadari kehadirannya setelah menginjak kelas 5 padahal letaknya cukup dekat. Selain sama-sama misterius, ketiga sekolah itu memiliki persamaan lain yaitu aku tidak punya kawan yang bersekolah di sekolah itu. Entah karena pergaulanku yang cekak atau memang jarang yang bersekolah di sekolah-sekolah itu.

Ada satu yang ingin saya ceritakan adalah satu SD yang baru aku tahu kehadirannya setelah menginjak kelas 5. Letak sekolah ini cukup dekat sebenarnya dengan tempat tinggalku, hanya 10 menit dengan sepeda BMX. Sekolah itu adalah SD INPRES, suatu nama yang aneh. Waktu itu ada beberapa macam INPRESS, ada Sungai INPRES, Sawah INPRES dan INPRES-INPRES lain. Mungkin itu yang membuatku luput memperhatikan sekolah yang satu ini. Bagaimana tidak sebagai anak kecil yang tidak memiliki dasar keluar petani hal-hal yang berbau INPRES sangatlah membosankan dan cenderung berarti “Bukan Untukku”.

Tetapi selanjutnya aku tampik perkiraan awalku tentang nama INPRES itu. Mungkin alasan yang paling masuk akal untuk menjelaskan mengapa SD INPRES ini luput dari perhatian adalah karena pada saat itu pun jumlah muridnya sangat sedikit dan juga kondisi sekolahnya pada saat itu cukup memprihatinkan. Entah sekolah itu masih ada atau tidak sekarang.

note : SD INPRES itu maksudnya adalah bagian dari Instruksi Presiden Soeharto untuk memajukan pendidikan di Indonesia pada tahun 70an. Ada pro Kontra di balik kebijakan ini lho

Leave a Reply

