Kedatanganmu seindah kepergianmu (draft)

Ketika berlari adalah adalah sebuah pilihan mungkin tidak semua orang mau berlari, karena berlari cukup melelahkan bagi mereka. Seperti berlari, itulah perjuangan hidup.

Aku memilih bersepeda bukan karena lelah berlari, tapi karena lebih cepat. Tetapi tidak pada sore-sore di mana sekantung pisang coklat serta tempe goreng hangat menemaniku ditempat itu. Suatu titik dipojok lapangan yang mengijinkanku melepas pandangan tanpa batas. Memandangi aktivitas mahasiswa yang tidak ada hentinya.
Tempat ini begitu indah, terkadang terbalut emas senja atau hanya gemerlip refleksi matahari dari kolam-kolam indah yang ada di seberang. Saat terduduk di sini satu bulan yang lalu hanya akan terbersit kenangan akan buku-buku filosof-filosof barat yang mengajaku berkenalan dengan dialektika, materialisme dan post modern. Kini tempat ini sudah berbeda, alunan angin terasa lebih lembut dan senja terasa lebih syahdu.

……………..

Hari ini cukup melelahkan kuis, tugas, praktikum semua menumpuk seperti raksasa yang dengan manja minta gendong di atas pundakku yang kecil. Dengan segera sepeda ku kayuh menuju penjual gorengan untuk membeli pisang coklat dan tempe hangat kesukaanku sembari mampir ke minimarket untuk membeli susu full cream kotak. Inilah kegiatan soreku untuk menciptakan surga kecil versi seorang mahasiswa sederhana. Sepaket surga ku buka di tempat ini, ditemani secarik tulisan Sir Francis Bacon yang memberi kuliah tentang metode-metode berpikir induktif yang kini telah diadopsi dalam metode ilmiah, konon dia meninggal saat memberi makan ayam-ayam dengan salju.
Blink-blink layar ponselku berkedip, ada sms dari dia. Ku alihkan perhatianku dari kuliah Francis Bacon yang mulai menjemukan. Amplop-amplop kuning pun terus ku kirim dan ku terima. Senja sore ini manis sekali.
Inilah awal tempat ini menjadi lebih manis dari biasa dan lebih syahdu dari pada biasa.

………………

Bukan kebetulan bila kita sama-sama menikmati senja, karena itu adalah bahasan utama kita untuk menyatakan kesyahduan yang terasa saat menyadari pandangan kita menyatu pada satu titik senja. Menyatu dan disatukan oleh senja yang menyebarkan kehangatan jingga yang membentuk selendang-selendang indah di langit.

………………

Tampaknya tempat ini tepat menjadi titik kenang bagi kenangan ini. Pertama kali kamu duduk di tempat ini adalah disaat yang sama aku melihatmu secara utuh untuk yang ketiga kali. Suatu wilayah kenang penuh kecanggungan, tidak banyak yang kita bicarakan kecuali coretan nakal ditembok sebelah sana.
Memang kondisi begitu lepas senja di tempat ini akan menyelamatkanmu dari segala bentuk kecanggungan. Aku tinggal beralasan melihat indahnya lampu-lampu indah yang berjejer sendu ditepi jalan sambil sedikit melontarkan pembicaraan singkat yang berumur jagung. Pada momen inilah aku menyaksikan siluetmu dibentuk oleh lampu disamping kita, indah.
Menurut kaidah-kaidah berpikir induktif, kau harus mengumpulkan kebenaran pada hal-hal yang khusus sebelum kesimpulan itu kau tarik. Tetapi nyatanya malam itu semua terbalikan, hingga aku tak bisa menjelaskan bagaimana bisa kukayuh sepeda secepatnya menuju tempatmu. Beruntung aku menemukanmu, di malam itu, kurasa kamu mengharapkanku, kehadiranku.

………………….

Tempat ini seharusnya menjadi titik indah penutup senja di sore, momen terindah sepanjang perjalanan rotasi bumi setiap harinya. Tetapi tempat yang kini terasa berat untuk ku datangi, bahkan hanya untuk memandangi. Sekarang kayuhan sepedaku hanya akan berputar untuk tidak mendekatinya.
Hadirmu membawa keindahan pada surga kecilku, tetapi pergimu tidak membawa keindahan itu pergi. Sayang hatiku tak mampu menikmati keindahan itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s