Dampak Batubara

Batu bara adalah salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia. Tentunya hal itu bukan tanpa alasan, alasan utamanya adalah nilai keekonomian batu bara lebih rendah daripada bahan bakar yang lain. Dengan begitu besarnya kebutuhan akan batu bara telah membentuk suatu pasar yang di dalamnya terdapat jutaan manusia yang terlibat baik sebagai produsen, konsumen maupun perantara. Tanpa membicarakan dari sisi konsumen, batu bara telah menciptakan sumber penghidupan bagi banyak orang.
Sumber protes masyarakat akan industri batu bara dan industri pertambangan lainnya adalah besarnya efek samping yang timbul akibat proses produksi. Proses produksi yang dalam hal ini salah satunya adalah proses eksploitasi telah mengakibatkan berbagai dampak negatif. Dampak langsung yang paling udah diamati adalah dibukanya hutan untuk penampangan terbuka (Open Pit), sedangkan dampak negatif yang perlu dilakukan kajian lebih lanjut adalah terjadinya degradasi lingkungan.
Yang menarik dari batu bara adalah dampak negatif besar tidak hanya diakibatkan pada sisi produsen, konsumen batu bara pun juga tidak lepas dari protes masyarakat. Konsumsi batu bara merupakan salah satu penyebab polusi tinggi, apalagi bila diingat bahwa konsumen batu bara kebanyakan adalah industri besar serperti pembangkit tenaga listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s