Pemecahan masalah

problem solving

problem solving

Saat menjumpai sebuah permasalahan seseorang pasti akan memikirkan penyelesaian dari permasalahan tersebut. Permasalahan dapat timbul dari berbagai hal mulai dari pertanyaan sampai kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal remeh akan menjadi tidak remeh suatu saat, ataupun hal yang genting bisa menjadi remeh pada suatu saat, itulah hal yang unik dari suatu masalah. Ditengah berbagai hal permasalahan yang ada inilah kita seharusnya sudah siap dengan berbagai cara untuk menghadapinya.

Sebelum seseorang mulai memikirkan masalah tentunya akan memutuskan terlebih dahulu bagaimana menghadapi masalah ini. Beberapa orang akan berpikir dengan berat sampai-sampai akan sangat terlihat dari warna wajahnya; Ada pula orang yang memikirkannya dengan ringan dan seolah berjalan apa adanya, entah masalah itu akan selesai atau tidak. ketetapan hati dalam menyelesaikan masalah sering kali terbawa oleh bawaan hidup seseorang, seorang “easy going” tentunya akan bersikap santai dalam menghadapi suatu hal. Walaupun sepertinya remeh tetapi keputusan bagaimana menghadapi suatu masalah akan sangat menentukan hasil akhir dari penyelesaian masalah.

Tidak kawin, yah itu kata yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara metode pemecahan masalah dengan sikap menghadapi masalah. Apapun sikap dalam menghadapi masalah tidak dapat membatasi seseorang dalam pemilihan metode menyelesaikan masalah. Sopir mobil tidak akan menghubungkan pemilihan mesin (motor atau disel) dengan bagaimana dia meng-gas mobilnya; yang mempengaruhi adalah bagaimana dia akan menyelesaikan perjalanannya, dengan cepat atau lambat, jika ingin melakukan dengan cepat dia akan menambah gas-nya dan mengendalikan mobil dengan lebih serius. Itu pula lah yang terjadi dalam penyelesaian suatu permasalahan, metode penyelesaian masalah tidak berhubungan secara langsung dengan sikap dalam menyelesaikan masalah, harapan lah yang mempengaruhinya.

Di awal telah disinggung tentang hubungan sikap dalam penyelesaian masalah dengan metode penyelesaian masalah. Tetapi di hati kita tetap merasa bahwa seharusnya keduanya berhubungan, tapi di mana? Yap kedua nya tidak kawin dan tidak saling mempengaruhi, yang mengendalikan adalah harapan semata. Beberapa metode pemecahan masalah menuntut rutin yang lebih panjang untuk dilakukan, yang secara otomatis akan membutuhkan resultan energi yang dikeluarkan lebih banyak. Tetapi selama harapan dalam penyelesaian masalah masih rendah maka energi yang dikeluarkan dalam satu waktu pun akan tetap rendah, gas yang di injak akan tetap.

Penjelasan bertele-tele di atas nampaknya telah melompati suatu hal yang memang sengaja ditaruh dibagian ini, apa itu? harapan. Harapan telah sedikit disinggung pada ilustrasi mobil, tetapi nampaknya belum jelas. Harapan adalah hasil akhir dari suatu pemecahan masalah. Hasil akhir ini tidak terpengaruhi oleh sikap pemecahan masalah ataupun metodenya, harapan lah yang mempengaruhi keduanya. Mari kita perjelas  paragraf ini dalam satu ilustrasi.

                Ilustrasi :

  1. Tono akan melakukan perjalanan dari kediri ke malang. Saat berangkat dia menargetkan akan tiba dalam 2 jam perjalanan. Setelah membuat target itu dia memutuskan akan melewati jalur pujon. Untuk memenuhi targetnya dia melakukan perjalanan secepat mungkin, untuk itu dia harus serius untuk memastikan targetnya terpenuhi.
  2. Tini akan melakukan perjalanan dari kediri ke malang. Saat berangkat dia tidak membuat target secara explisit, yang penting sampai dan dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Dia memutuskan akan lewat jalur blitar karena jalannya yang lebih landai. Dalam perjalanan Tini cukup santai sambil sesekali melirik pemandangan di kanan kirinya.

Apakah dari kedua ilustrasi di atas menjawab ke-njlimet-an dari 5 paragraf sebelumnya?

Pemecahan masalah menuntuk kita arif dalam menentukan target. Selain itu ternyata metode dan sikap dalam menyelesaikan masalah juga mempengaruhi resultan energi yang dikeluarkan.

giovani 18/06/2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s