Sadar

Jujur sebelumnya saya tidak pernah membayangkan menjadi mahasiswa, walaupun mimpi menjadi itu ada. Saat itu tidak pernah terbesit untuk memahami tata cara dan kebiasaan hidup mahasiswa. Masih teringat saat membaca berita tentang pemuda Indonesia yang berprestasi di kancah internasional, dari hal ini aku membayangkan bagaimana hebatnya mereka. Terbayang kehidupan seorang pelajar yang ideal, pagi kuliah siang berdiskusi, sore mengerjakan tugas dan malam belajar. Kuliah yang penuh diskusi, benar-benar kelas idamanku. Setiap hari dikelilingi oleh kawan-kawan yang pintar yang siap diajak berdiskusi. Walau terkadang pertanyaan aneh muncul, “Jika memang mereka ada ditempat yang sedemikian hebat, mengapa hanya beberapa orang saja yang berprestasi?”.
Sekarang aku sudah menjadi mahasiswa, aku tahu bagaimana kehidupan seorang mahasiswa. Kehidupan yang aku bayang dulu ternyata tidak semua sama dengan bayanganku. Kehidupan berdiskusi di kelas tidak hidup di kelas-kelas yang aku ikuti. Sejak awal suasana kompetisi tidak aku rasakan -atau aku memang tidak peka- ada disekelilingku. Memang kawan-kawanku pintar, tapi sayang diskusi mereka tidak sesuai dengan passionku. Bahkan posisiku sekarang rasanya sulit untuk dikembangkan karena suasana kompetisi benar-benar kosong.
Kini aku tahu beberapa hal yang menyebabkan semua ini. Mulai dari dosen yang tidak displin sampai dosen yang tidak kompeten. Sampai dengan ada nya berbagai tugas dan praktikum yang sering menjadi alasan kami untuk menghalalkan berbagai hal. Ditempatku kegiatan plagiat adalah hal biasa dan memang kesadaran untuk tidak plagiat bukan budaya. Sesuatu yang memalukan.
Bingung dan serba salah.

2 thoughts on “Sadar

  1. hm…sama persis yg aku rasakan setelah memasuki dunia kampus yg begitu “menawan” di angan-anganku…

    mungkin kita punya kesamaan; sangat dipengaruhi kondisi lingkungan,
    sehingga sangat,sangat mengharapkan atmosfer kompetitif untuk memacu motivasi diri…

Leave a Reply

