peluang koalisi besar?

wah dunia politik negara kita lagi ngetren dg kata koalisi. sebenarnya apa sih koalisi itu? saya sendiri tidak tau arti kata yg sebenarnya, tetapi bila dimengerti secara awam koasi seakan-akan berarti kerjasama. tapi kerjasama yg seperti apakah koalisi itu. saya sendiri mengartikan koalisi secara awam.
Lalu yg sekarang yg ada di Indonesia ada 2 koalisi kuat yaitu kubu SBY yg jelas banget yg jadi capres adalah SBY lalu ada lagi kubu baru yg diprakasai oleh partai oposisi PDI-P.
Koalisi besar sendiri sekarang diikuti oleh 5 partai besar, ya paling tidak perolehan suara mereka menurut LSI’s quick count. Diantaranya PDI-P yg sejak awal getol mengajak beberapa partai untuk membuat poros baru. Lalu ada Partai Golkar yg kadung gengsi untuk kembali berjabat tangan dengan Partai Demokrat. Ada lagi GERINDRA yg tetap keukeuh untuk mengangkat Prabowo sebagai Capres dan tentunya tidak bisa dilakukan bila bekerjasama dg SBY. Ada juga HANURA yg bangkit dg sosok wiranto yg juga kepingin paling tidak jadi cawapres. Dan terakhir adalah PPP yg saya tidak begitu tau motifnya , tapi kemungkinan karena SDA kadung dekat ama PPP di awal-awal.
Lalu apa yg diangkat oleh koalisi besar ini dalam kampanyenya. Diketahui dari 5 partai yg ada 4 di antaranya punya sosok masing-masing yang semuanya orang lawas. Hanya PPP yg saya anggap tidak mempunyai tokoh yg ‘wah’. Dan tentunya mereka memiliki visi dan misi masing-masing. Sekarang kita tinggal menunggu calon yg mereka angkat, karena tentunya setiap calon yg mereka akan angkat akan membuat visi misi mereka berubah. Tetapi apakah visi misi yg prematur itu akan bisa menarik hati masyarakat yg walau SBY hanya bilang ‘teruskan’ bisa membuat partai kecil menjadi pemenang PILEG.
Tetapi dikatakan prematur juga sebenar tidak 100% benar, sebab sebelumnya mereka sudah punya rencana masing2.
Tetapi jika diperhatikan wiranto dan prabowo menurut kampanyenya selama ini mereka menawarkan perubahan. sedangkan mega berusaha mengingatkan ke jamannya waktu BBM murah tapi pemerintahan tanpa penjelasan😀. Sedangkan JK juga belum jelas apa yg akan diangkat.
Menurut saya yg paling oke untuk mereka angkat adalah Prabowo dg JK atau prabowo dg wiranto. Karena sekarang pun mega imagenya gk bagus-bagus amat. wibawanya kalah dg prabowo.
tetapi tetap aku pesimis dg koalisi ini. karena SBY dg bolo-bolonya cukup solid. SBY sendiri aja udah bnyak apalagi tambah cawapresnya.
ini pendapat awam lo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s