Google chrome review

Nepati janji buat review google chrome kali ini versi yang digunakan 0.3.154.9 yang dirilis hari ini (30 Oktober)😀 . Pertama kita masuk dulu ke google.com/chrome lalu coba download file setupnya. File installasi ini sebenarnya hanya program downloader plus plus aja aja. Artinya ini hanya program kecil yang akan mendownload dan menginstallkan sekalian. Pada komputer saya jalan dengan account non administrator jadi harus menjalankan setup lewat fitur “run-as” sebagai administrator pada Windows XP SP 3 ini.

Program Setup sedang mendownload

Program Setup sedang mendownload

 

Proses installasi berjalan tanpa bertanya.

“Kok tanpa tanya, berarti gak ada proses baca dan setujui lisensi donk!”

Nggak dong itu tetep ada. Sebelum mendownload programnya anda ditanya dulu baru kedownload. Oh ya setelah selesai install tentunya si Chrome jalan otomatiskan! itu pada posisi dia sedang di Run-as Administrator. Anehnya si chrome nggak mau buka situs apapun malah yang keluar si Snap atau kalau di Firefox mungkin bisa dikatakan time out kali ya? Shortcut buat tab baru (ctrl + t) juga gak mau jalan sebelum saya buat tab lewat tombol Plus diatas.

Ok karena menyadari ada bug pada posisi ini saya matiin aja si Chrome. Trus cari-cari chrome di start menu gak ada cari-cari di direktori “Program Files”. Waduh gimana nih startnya pake user ini. Akhirnya terpaksa login Administrator. Trus di desktop ama start menu ada shortcut buat nih browser. Setelah liat properties-nya aku heran juga. Ternyata si DOI ditaruh di direktori user tepatnya bagian “local settings”-nya user Administrator. Heran juga kenapa si Google nempatin di sini. Berarti user lain gak bisa makek dong. Apalagi gak ada pilihan di installernya.

Berarti ada kemungkinan si Crhome bisa diinstall oleh user non administrator (Belum coba). Aku belum tamat baca komiknya. Mungkin ada penjelasan untuk ini. Ok sekarang udah jalan nih crhome pake user administrator. Dan sekaran kita bongkar nih barang baru.

Pertama kita liat Option dari chrome dulu. Kemarin waktu si Doi masih berumur pertama keluar aku nyoba optionnya seperti webpage kayak anda liat historynya. Tetapi sekarang saya liat eh seperti browser yang lainnya berupa jendela biasa. Halaman optionnya berisi tiga tab yang anda bisa coba sendiri isinya.

 

Option

Option

Yang aku suka dari crhome adalah interfacenya yang rapi. Seperti diketahui liat aja tabnya tertata rapi. History juga rapi apalagi fitur pencariannya juga oke punya. Ada lagi fitur pencarian textnya pake ctrl+f cuman keluar dikit aja diatas seperti status barnya juga keren. Ada juga fitur yang sekarang lagi ngetren! Buat web jadi aplikasi seperti aplikasi desktop (kayak Mozilla Prism gitu).

Ada beberapa kekurangan. Seperti scrolling pada gmail yang sedikit tersendat. Tampilan tanya mau nyimpen password ato nggak yang ada diatas kayak firefox keluar masuknya masih sedikit tersendat juga. Oh ya Si DOI juga lumayan berat lo. Kaloa diliat pakek taskmanagernya XP terlihat ada banyak proses chrome tapi kalo dikill satu semua mati. Tapi kalo pake taskmanager-nya chrome sendiri tentunya nggak. Waktu buka banyak tab tentunya ukuran tab akan mengecil. Tetapi sayang waktu tabnya dikurangin tetep kecil nggak membesar secara otomatis. Tetapi setelah tinggal dua baru kembali membesar.

Oh ya aplikasi DOM inspectornya juga keren! Ada debug java script juga. Aku nggak begitu suka ama view sourcenya punya si chrome ama firefox tapi aku lebih suka punya opera. Oh ya yang kurang lagi adalah plug-in ang aku belum ada tanda-tandanya. Satu lagi aplikasi ini cepet banget dan buat buka web yang javascript oriented ato nggak sama-sama cepetnya. Si webkit keren si V8 nya cepet juga. Malahan aku merasa si doi lebih cepet dari pada firefoxku yang pake pipeline 8. Cara penulisan addressnya juga keren dengan pembedaan warna. Oh ya jangan lupakan incognito mode yang buat kita dilindungi kayak 1000 bodyguard.

4 dari 5 bintang buat si Chrome.

2 thoughts on “Google chrome review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s