Buku Elektronik

Halo temen-temen udah pada tau belum kalo depdiknas ngeluarin buku elektronik. Lumayan seru sih walo cukup berat dan sulit dibaca tapi sudah lumayan. Buku-buku itu dibuat pake adobe flash gak tau sih ada versi pdf ato format lain gak. Tapi yang jelas kita bisa liat buku-buku itu di http://kambing.ui.edu/bse/files/.

Komentarku dari adanya hal ini ada beberapa yang nggak mengenakkan. Yang pertama adalah designernya nggak fungsionalis banget. Ya bener aku memuji design yang bagus banget dari para designernya, tapi sayang pandangan orang-orang tua yang nggak memanfaatkan beda dengan orang muda yang memanfaatkan. Maksudnya?

Para pejabat depdiknas pastinya hanya sedikit yang mengerti tentang IT. Mereka pasti berpandangan bahwa buku elektronik seharusnya mempunyai bentuk mirip dengan buku asli dengan design yang bolak-balik kertas. Tetapi bagi saya yang mungkin akan memanfaatkan hal itu merasa bahwa pikiran itu salah besar. Mereka yang sesumbar bahwa buku elektronik akan senyaman buku asli karena mempunyai design sama itu hanya omong kosong belaka.

Nyatanya buku yang berbentuk pdf dengan dengan one page design scrolling lebih memudahkan navigasi di komputer. Dari pada dalam satu layar ada dua halaman yang mengharuskan penggunanya menscroll vertical dan horizontal. Repot bangetkan, apalagi kalo resolusi layarnya kecil!

Udah deh bapak-bapak sok tau di tempat ketinggian jangan memaksakan kehendak dan gengsi donk. Coba tanya ke saya ato orang laen yang make. Paling-paling sudah di suap kontraktornya lagi.

One thought on “Buku Elektronik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s