Bongkar Hardisk

Kemarin aku berkesempatan membawa harddisk rusak dari sanggar pramuka jadi aku preteli aja tuh harddisk. Sebenarnya niat mau mreteli harddisk udah dari dulu tapi karena kebanyakan harddisk kudu pake obeng bintang yang nggak banyak orang punya kuurungkan niatku itu. Tetapi beda dengan harddisk (korbanku) ini, si doi cuma butuh obeng plus biasa so aku bisa memualai pekerjaanku.
Hardisk ini mereknya fujitsu (dan udah lawas) Model MPE3084AE Made in Philippines tahunnya nggak ketauan. Bentuk harddisk ini sama seperti kebanyakan harddisk lawas lainnya. Dibagian atas ada beberapa sticker bertuliskan informasi-informasi yang lumayan penting dan dijaga 6 pasak ulir. Bagian bawah ada papan PCB controllernya tempat dipatrikan chip controller dan chace memorynya, sayang beberapa tidak terbaca dengan jelas tulisannya. Papan PCB tersebut pasung dengan 3 baut.
Cara membukanya cukup mudah, aku hanya perlu melepas 6 baut penutup kap atas lalu congkel tutupnya dengan obeng min (cuman ini yang paling susah) dan (tet teret tet tet) jreng piringan reflektif yang amat sangat bersih terpampang di depanku. Aku nggak mengira piringanya akan sebersih ini. Liatin aja deh fotonya!

Bongkar Hardisk

2 thoughts on “Bongkar Hardisk

  1. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang spesialis recovery data. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s