Memasang OpenSuSE 10.3

Saya sebenarnya sedikit bimbang dengan apa yang saya tulis sebagai judul pada catatan saya ini. Hanya kata memasang yang saya rasa benar untuk menggantikan kata installasi. Baiklah tidak perlu di panjang lebarkan masalah ini, mari kita mulai memasang OpenSuSE 10.3 pada komputer kita.

Pada saat saya menulis catatan ini saya belum bisa menemukan panduan memasang distribusi ini dalam bahasa indonesia. Saya tidak mengklaim catatan ini yang paling pertama (Karena sudah lama tersimpan dalam draft). Tujuan saya adalah memberikan kemudahan bagi teman-teman saya yang kesulitan mencari artikel tentang memasang OpenSuSE 10.3 dalam bahasa Indonesia.

Proses memasang  distribusi ini sangat mudah karena kita akan disuguhi dengan antarmuka YAST yang memang tak mudah untuk disangkal.

1. Langkah pertama anda harus mengatur agar komputer  boot pertama kali dengan CD ataupun dvd. Pada catatan ini saya memasang lewat cd.

2. Setelah proses boot ada pilih saja Installation.

3. Sekarang kita disuguhi berbagai bahasa yang dapat kita pilih, saya melanjutkan langkah ini dengan memilih bahasa Indonesia.

4.  Pada saat ini kita ditawari untuk memeriksa dvd kita dari kemungkinan kerusakan. Karena proses ini cukup menyita waktu saya lebih memilih untuk tidak melakukannya.

5. Ini adalah bagian yang bisa menjadi sangat penting. Bacalah tulisan itu karena itu adalah perjanjian anda dengan Novell AG (pengembang OpenSuSE) pilih Yes, IAgree .. bila setuju.

6. Bagian ini memeberikan pilihan bagi anda untuk pemasangan baru atau memperbarui OpenSuSE lama anda. Saya pilih  New Installation.

7. Sesuaikan zona waktu kita pada bagian ini. Klik next.

8.  Pada Bagian Desktop Selection anda dapat memakai menentukan akan memakai Desktop Manager apa. Karena saya lebih suka GDM saya pilih GNOME. 

9. Pada Installation Settings saya tidak akan menjelaskan panjang lebar. Pada bagian ini kita anggap kita akan membenarkan apa yang dilakukan YAST untuk kita.

10. Selanjutnya anda tinggal memilih Jenis keyboard apa yang anda gunakan. Klik next.

11. Anda akan Yakin unutk menginstall opensuse.

Pada proses installasi ini saya tidak menuliskan kata Next atau Accept. karena saya menganggap anda telah mengetahui apa maksud dari langkah-langkah yang ada pada proses pemasangan.

Selanjutnya adalah proses pengaturan OpenSuSE yang telah terinstall. Prosesnya sangat mudah jadi mungkin saya tidak perlu menuliskan satu persatu. Saya hanya akan memberikan sedikit keterangan pada beberapa bagian.

1. Pada bagian online Update berarti YAST  akan melakukan koneksi ke internet dan melakukan perbaikan pada OS (bila ada). Proses ini bisa berlangsung lama dan bila anda tidak terkoneksi ke internet proses ini tidak akan dapat berjalan.

2. Pada bagian Users anda dapat membuat pengguna baru pada bagian ini. ingat menggunakan i rooti untuk pemakaian sehari-hari tidak disarankan.

Selamat anda telah berhasil memasang OpenSuSE 10.3 pada komputer anda

Untuk anda yang ingin melihat gambar-gambar dari proses installasi dapat mengunjungi alamat http://www.howtoforge.com/the_perfect_desktop_opensuse10.3.

Terima Kasih Assalamuallaikum wr wb.

One thought on “Memasang OpenSuSE 10.3

Leave a Reply

